Simak, 5 Strategi Menjaga Dan Mengembangkan Bisnis Di Period Pandemi Halaman All

Written by Futai on August 17, 2020 in Prospek Bisnis Menjanjikan with no comments.

Menurut saya ada beberapa hal yang bisa dilakukan terhadap present market ini yaitu dengan cara melakukan cross selling secara on-line baik langsung maupun tidak langsung. Secara langsung, media penjualan on-line diarahkan untuk mendapatkan penjualan dari level of buy seperti merchandise dll. Adapaun secara tidak langsung, destinasi dapat membangun portal atau hub berbasis internet atau apps yang dapat digunakan oleh para pelaku usaha pariwisata untuk menjual produknya secara on-line. Contohnya DMO Helinki yang mengkampanyekan Virtual Helinski untuk mendorong strategi penjualan para pelaku usaha pariwisatanya agar cepat recovery dalam masa pandemi ini. Masa krisis ini menjadi momen yang tepat bagi pemilik UKM untuk memperbaiki kualitas produk ataupun layanannya serta berhenti sejenak untuk mengembangkan strategi penawaran produk barang atau jasa yang menjadi foundation bisnisnya. Seringkali, para pelaku usaha tidak menyadari perbedaan antara perbaikan produk dan pengembangan penawaran.

Nah, ini tetap berhubungan sama poin di atas, melakukan transisi ke sistem on-line. Jadi, salah satu strategi untuk menghadapi new regular adalah coba untuk memanfaatkan digital marketing untuk mempromosikan bisnis kamu. Dunia yang memaksa kita untuk mengubah cara dan strategi bisnis yang sudah dijalankan sebelumnya. Berikutnya adalah strategi memasarkan produk yang bisa Anda lakukan dengan price range minimal tetapi hasil maksimal adalah melakukan konten marketing di media sosial. Pintek merupakan perusahaan teknologi finansial ( Peer-to-Peer Lending ) yang memiliki misi mendorong transformasi pendidikan melalui inovasi layanan keuangan. Pintek menyediakan akses dana untuk pelajar / orang tua murid untuk biaya belajar ( uang pangkal, uang semester, SPP, uang kursus, dsb. ), serta lembaga pendidikan dalam pengembangan fasilitas, pengadaan buku, alat peraga, dsb.

UMKM juga membantu menyerap sebesar 97% tenaga kerja dalam negeri dari complete tenaga kerja nasional. Sebanyak 89,% persen diserap oleh usaha mikro, 4,47% diserap oleh usaha kecil, 3,73% diserap oleh usaha menegah, dan 3 persen diserap oleh usaha besar. Pemilik usaha bisnis harus bisa mengubah cara berbisnis, dengan mulai dari kegiatan produksi, pemasaran, transaksi, rencana sistem kerja dan distributor sampai akhirnya produk tersebut sampai ke tangan konsumen. Kendati pasar sedang lesu akibat pembatasan sosial, upaya pemasaran sebisa mungkin tetap kamu jalankan. Namun mengingat kondisi keuangan usaha di masa kini, tentu upaya pemasaran yang kamu lakukan tidak bisa sebesar kegiatan di masa regular.

Strategi bisnis dimasa pandemi

Implikasi dari dampak ini tidak hanya dirasakan secara domestik, namun juga terjadi secara global. Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak pandemi covid-19 seperti sekarang ini membuat banyak pihak berperan untuk mengatasinya. Adanya pandemi ini sangat mempengaruhi roda perekonomian nasional apalagi pemerintah mengeluarkan kebijakan dengan platform #dirumahaja membuat banyak pihak harus beradaptasi dengan kehidupan baru. Selain diimbau untuk tetap di rumah, pemerintah juga memberikan kebijakan untuk bekerja di rumah, ibadah di rumah, dan belajar dari rumah. Melalui platform sosial media atau market, usahawan bisa mulai hanya dengan mengikuti instruksi yang tersedia.

Untuk itu dibutuhkan strategi marketing tepat agar bisa menggaet pelanggan. Penelitian menemukan bahwa fokus para pemimpin perusahaan ketika terjadi perubahan adalah mengikuti pergeseran kebutuhan pelanggan. Tetapi hal ini tidaklah mudah, karena 43% mengatakan untuk memahami keinginan dan kebutuhan pelanggan menjadi tantangan eksternal terbesar. Padahal information ini sangat dibutuhkan para pemimpin perusahaan dalam menentukan strategi bisnis di masa depan.

Fitur yang dimaksimalkan dapat berupa fitur lama atau fitur baru yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. “Saat ini masih terdapat 51% unbanked inhabitants di Indonesia, ditambah dengan adanya akselerasi adopsi digital akan menjadi peluang yang besar akan pertumbuhan bank digital di Indonesia,” Indra menuturkan. Beritajatim.com adalah media on-line berbasis di Surabaya dan fokus untuk wilayah Jawa Timur. Di samping itu Perusahaan juga tengah merampungkan program restrukturisasi secara menyeluruh terhadap kinerja usaha, yang akan dilakukan secara bertahap dan terukur dengan mengedepankan komitmen keberlangsungan usaha.

Comments are closed.