Pelaku Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Didorong Masuk Pasar Modal

Written by Futai on August 11, 2020 in Prospek Bisnis Menjanjikan with no comments.

Jika dapat melakukannya, tentunya ini akan menjadi nilai plus Anda. Orang yang pernah bekerja dengan beragam perusahaan dari berbagai industri akan dapat memberikan ide dan solusi dengan akurasi tinggi. Setelah konsumen memberikan desainnya, Anda mencetaknya di bahan case yang sudah dipilih. Bedanya, jenis case ini memiliki gambar atau corak yang dipilih sendiri oleh pembelinya. Meskipun untuk mahar pernikahan, Anda tidak perlu menggunakan uang asli dalam desain yang dibuat. Dengan uang mainan, misalnya, Anda justru dapat membuat desain unik dengan “uang” tersebut.

Modal hanya dari kreativitas

Saat ini orang cenderung lebih banyak dimanjakan dengan kian banyaknya usaha yang melayani konsumennya sampai ke rumah-rumah. Salah satunya usaha yang menawarkan jasa kebersihan keliling yang merupakan turunan dari cleansing service perorangan. Banyak orang ingin memiliki suasana lingkungan yang bersih dalam waktu singkat. Namun, tentu saja dengan modifikasi usaha yang kreatif supaya mudah dijual di masyarakat. Agar kreatif, kombinasikan usaha kuliner Anda dengan makanan yang memang sudah populer dengan ide kreatif.

JAKARTA – Pandemi virus corona (Covid-19) membuat seluruh ekonomi di dunia tertekan. Hal ini mengakibatkan meningkatnya pengangguran akibat pemutusan hubungan kerja di beberapa perusahaan, yang terpaksa gagal beroperasi dan berproduksi. Bisnis ini tergolong dalam usaha yang kreatif dengan modal yang tergolong kecil dan dengan waktu pengerjaan yang cukup fleksibel. Tak hanya itu, para calon pelaku usaha khususnya milenial juga harus mengubah mindset dari konsep management. Pasalnya konsep leadership masih dimaknai dengan pemaknaan hal-hal yang berisiko.

Modal usaha untuk menjadi reseller atau dropshipper terbilang sangat minim. Bahkan, ada pula produsen atau distributor yang menyediakan paket bisnis tanpa modal sama sekali. Meskipun reseller dan dropshipper sama-sama memasarkan produk jualan orang lain, akan tetapi sistem kerjanya agak berbeda lho, Sahabat. Reseller biasanya turut menyediakan produk-produk yang sudah dibeli dari produsen atau distributor, lalu menjual kembali dengan kesepakatan harga tertentu. Sedangkan, dropshipper cukup menjual produk produsen atau distributor secara online, tanpa harus membeli produknya terlebih dahulu. Pertumbuhan tenaga kerja yang terus meningkat, tidak sebanding dengan lapangan kerja yang tersedia menambah semakin tingginya persaingan dalam mencari pekerjaan.

Ini berbeda dengan Generasi X yang lebih bergantung pada struktur. “Karena itu, kreativitas seharusnya adalah fitur tak terpisahkan dari kaum milenial,” ujarnya. Dita menitip pesan, untuk yang punya keinginan memulai sesuatu dari awal, jangan menyerah saat halangan datang. Mood yang naik turun, kekurangan modal, maupun ilmu bisa terus diakali selagi masih mau terus mencoba dan tidak berhenti saat jatuh. “Harus pintar-pintar mengetahui posisi karya kita dan menaruh karya kita di tempatnya,” kata dia lagi.

Kami memahami bahwa modal kerap kali menjadi salah satu aspek pertimbangan utama seseorang dalam mulai berbisnis. Padahal, strategi bisnis dan pemilihan goal pasar yang tepat dapat menjadi sebuah landasan dasar untuk membangun bisnis yang menghasilkan walaupun dengan modal yang relatif kecil. Kreativitas tidak hanya dibutuhkan oleh pekerja seni, setiap pekerjaan membutuhkan kreativitas. Terutama di saat pandemi, sebagai pelaku usaha kita harus beradaptasi dengan perilaku konsumen yang berubah dari sebelumnya. Kalangan industri dituntut untuk kreatif dan inovatif terkait pengembangan produk ataupun proses pemasaran agar produk tetap bertahan di tengah pandemi.

Anda sebagai anak muda juga bisa memiliki usaha kreatif yang sukses meskipun harus memulai dari nol. Tua atau muda, umur tidak menjadi syarat utama kesuksesan seseorang. Model pengembangan ekonomi kreatif sebagai penggerak sektor wisata dapat diadaptasi dari model-model kota kreatif.

Comments are closed.