Inilah Cara Satpam Vernanda Saat Hadapi Pelanggan Yang Berulah

Written by Futai on February 25, 2021 in Tips bagi pengusaha untuk bisnis di tengah pandemi with no comments.

Setelah menentukan strategi bisnis perusahaan harus mengarahkan karyawannya agar strategi bisnisnya dapat berjalan dan sesuai kebutuhan. Jika dengan strategi bisnis yang sedang dijalankan perusahaan masih dapat berjalan, maka sebaiknya pertahankan. Namun, jika tidak dapat bertahan perusahaan dapat menggunakan melakukan pivot dari core bisnis. Pivot sendiri memiliki arti mencari model bisnis yang lain, namun tetap berada divisi yang sama dengan perusahaan.

Jadi apabila anda ingin menambah wawasan dari 2 video tersebut, ditambah dengan video ini, maka talent anda dalam menghadapi pelanggan yang suka marah-marah itu bisa meningkat. Jadi, video ini saya tujukan untuk anda yang bergerak di bidang penjualan. Misalkan anda menjual properti, anda menjual makanan, menjual produk yang perlu diedukasi, menjual kasur, serta menjual apapun.

Panda yakin Anda sudah mendapatkan jawaban yang cukup jelas dari artikel itu. Anda mungkin sudah memberikan solusi untuk pelanggan seperti di poin #3, namun komplain tetap perlu di-closing kembali untuk memastikan bahwa customer benar- benar sudah puas dan terbantu. Jika Anda menjual produk berkualitas kurang baik atau di bawah standar, pelanggan akan kecewa dan berhenti membeli dari Anda.

Di era pandemic seperti sekarang ini, perusahaan harus bisa membangun dan memelihara lingkungan server mereka sendiri untuk dapat menghosting dan menjalankan aplikasi di tempat mereka. Saat ini, perusahaan harus memiliki cloud computing yang merevolusi bisnis dan operasioonal perusahaan. Teknologi ini menjadi landasan transformasi digital sebuah perusahaan. Survey sendiri merupakan salah satu metode yang sudah sering digunakan untuk mendapatkan suggestions dari pelanggan. Ada berbagai macam instruments atau media yang dapat Anda gunakan untuk membuat survey yang menarik seperti Microsoft Form, Google Form, Survey Monkey, Zoho Survey, dan masih banyak lagi. Transformasi digital adalah integrasi teknologi digital ke semua area bisnis, menghasilkan perubahan mendasar dalam cara bisnis beroperasi dan nilai yang perusahaan berikan kepada pelanggan.

Terlebih sekarang period yang sudah serba digital bisa dengan cepat menyebar ke seluruh dunia. Bila tidak segera diatasi dengan cepat, bisnsi akan jadi kacau balau. Sebuah model Tembak Ikan Terpercaya yang sudah dibangun dengan baik, akan rusah dalam sekali tepuk tangan.

Setelah itu, Sedulur perlu memberikan solusi pada pelanggan tentang masalah tersebut. Hal ini penting untuk Sedulur lakukan agar pelanggan merasa dihargai dan tidak merasa kecewa dengan pelayanan yang sudah Sedulur berikan. Tunjukkan bahwa Sedulur benar-benar mendengar dan menyesali komplain dari pelanggan atas kendala yang mereka alami.

Tentu hal ini akan menimbulkan perdebatan yang sebenarnya tidak perlu atau tidak relevan dengan inti masalah yang sebenarnya. American Express Global Customer Service Barometer sendiri menyebut bahwa orang akan membagikan pengalaman tidak menyenangkan mereka terhadap sekitar 24 orang, tapi membagikan pengalaman baiknya hanya untuk 15 orang. Hindari lempar- lemparan tanggungjawab komplain dari satu staff ke staff lain.

Menaggapi pelanggan dengan tenang

Sikap ramah sangat membantu Anda dalam menghadapi komplain pelanggan bisnis on-line Anda. Terkadang, pelaku bisnis on-line sangat monoton dan kaku dalam menghadapi konsumen, sehingga hal ini membuat konsumen merasa tidak dihargai. Dalam dunia bisnis, keluhan pelanggan atau komplain pelanggan merupakan suatu hal yang lumrah dan mungkin terjadi. Jangankan Anda yang baru memulai usaha kecil dan masih berumur muda, perusahaan yang sudah besar dan profesional pun kerap menerima komplain atau keluhan dari pelanggan. Kalau memang sudah selesai, kamu boleh lho meminta ulasan positif dari mereka untuk mengembalikan citra usaha kamu.

Metode survey yang dilakukan bisa melalui telepon, email, IVR, on-line maupun tatap muka sehingga dapat memberikan insight yang dapat mengembangkan perusahaan. Banyak contact center menggunakan survei kepuasan pelanggan di akhir panggilan. Pelanggan diminta untuk mengisi survei singkat setelah setiap panggilan dan menilai tingkat layanan yang mereka terima dan memahami bagaimana perasaan pelanggan tentang bisnis Anda. Survei kepuasan pelanggan membantu perusahaan menemukan masalah dengan layanan mereka secara tepat waktu.

Tetap layani pelanggan dengan keramahan yang tulus tanpa dibuat-buat. Sebetulnya kemarahan mereka ditujukan untuk bisnis, produk, atau layanan yang mereka dapatkan, bukan kepada Anda pribadi. Beda ceritanya jika pelanggan sudah terlalu kasar atau mengancam keselamatan. Anda harus meminta bantuan kepada atasan atau orang lain untuk menyelesaikan masalah tersebut. Sebuah studi menunjukkan alasan utama seseorang tidak lagi membeli suatu produk yaitu karena tidak puas terhadap layanan pimpinan dan karyawan perusahaan termasuk cara perusahaan itu menangani tuntutan.

Comments are closed.